SONY FIFFANDY - Aksi Nyata 1.4.a.9.1 Budaya Positif Guru Penggerak




Assalamualaikum Perkenalkan saya SONY FIFFANDY, Calon Guru Penggerak Angkatan 9 dari UPTD SPF SDN PETUNG 2 CURAHDAMI BONDOWOSO JAWA TIMUR. Kelas 18 A dengan Fasilitator Ibu Linda Kurniawati, dan Pengajar Praktik Ibu Dina Dwi Anggraini, S.Pd

Salam dan Bahagia
Kesempatan ini saya akan membagikan Kegiatan Penerapan Budaya Positif yang telah saya implementasikan di lembaga saya. sebagai tindak lanjut dari tugas modul 1.4.a.9.1 AKSI NYATA.


Kegiatan 1 : Pembentukan Keyakinan Kelas

  • Latar Belakang Pembentukan Keyakinan Kelas :
         Mendasari setiap tindakan atau perilaku yang kita lakukan di dalam kelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan, yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif. Untuk membentuk budaya positif pertama kita perlu menciptakan dan menyepakati keyakinan atau prinsip dasar bersama di antara warga kelas.
  • Tujuan Pembentukan Keyakinan Kelas 
            Menumbuhkan karakter baik siswa seperti mandiri, tanggung jawab, percaya diri & saling menghargai Pengalaman belajar bagi Guru & siswa untuk mengontrol diri menuju Dunia berkualitas
  • Tolak Ukur Pembentukan Keyakinan Kelas
            Terbentuknya keyakinan kelas Siswa berkarakter baik teramati & terukur dalam penugasan & penilaian afektif
  • Lini Masa Tindakan yang akan dilakukan pada Pembentukan Keyakinan Kelas
            Tanggal dan Kegiatan 
12 Oktober 2023 : Menyiapkan siswa menyusun Keyakinan Kelas 5 bersama – sama
12 Oktober 2023 : Menempelkan Keyakinan kelas yang telah disepakati bersama siswa di kelas
12 - 16 Oktober 2023 : Mengobservasi perilaku siswa melalui pengamatan tindakan siswa
16 Oktober 2023 : Refleksi dan evaluasi bersama siswa untuk meninjau ulang keefektifan keyakinan kelas yang telah disepakati kemudian menyusun ulang rencana perbaikan

  •  Dukungan yang dibutuhkan dalam Pembentukan Keyakinan Kelas
            Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu sticky notes warna warni, Spidol.
Dukungan Kepala Sekolah, rekan sejawat sebagai Kolaborator, Orang tua siswa yang juga sebagai motivator dan fasilitator belajar siswa di rumah

  • Hasil Pembentukan Keyakinan Kelas 

  • Dokumentasi Pembentukan Keyakinan Kelas
Link Youtube : https://youtu.be/6NO1Rw-FATw ( 1 Video dengan Diseminasi) 

Kegiatan 2 : Diseminasi Budaya Positif

        Kegiatan ini untuk berbagi Pemahaman dan Pengalaman Penerapan Budaya Positif kepada Rekan - rekan Guru di UPTD SPF SDN PETUNG 2 CURAHDAMI atas izin dari Kepala Sekolah, kegiatan dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 16 Oktober 2023 dan pelaksanaan selama kurang lebih 90 menit. dimulai pukul 10.30 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB. 
 
Rangkuman kegiatan dapat dilihat pada video berikut :
Link Youtube : https://youtu.be/6NO1Rw-FATw 



Link PDF Materi yang saya bawakan : https://s.id/materidiseminasisony
Kegiatan tersebut juga telah di unggah dalam PMM :

 


Rangkaian acara tersebut berjalan lancar dengan upaya maksimal yang saya bisa namun tetap saya rasa ada kekurangan dalam pelaksanaannya, untuk bahan refleksi kedepannya saya minta berkenannya untuk memberikan masukan atau saran yang membangun pada kolom komentar di Blog ini atau di Hasil karya PMM serta di Youtube saya.


Akhir kata, Mohon maaf dan terima kasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

    2 komentar:

    1. Setelah mempelajari peemaparannya saya rasa pak sony sudah baik dalam menjelaskan, kalau bisa waktu pemaparan lebih lama lagi dan diberi ice breaking. Materi sangat bermanfaat dan baru untuk saya yang belum pernah ikut CGP. Sebagai guru kontrol manager sulit dalam diri saya namun minimal tidak menjadi penghukum agar bisa menuntun siswa lebih baik lagi. Semangat terus untuk pendidikan CGPnya pak sony

      BalasHapus
    2. Kapan bisa mengimbaskan ilmu guru penggeraknya ke sekolah kami, ingin belajar lebih banyak tentan Quizzis dan sharing ilmunya

      BalasHapus

    Pages